Mengenal dan Menangani amandel yang membandel: Sehat Usia

Tags

Baca Juga

Mengenal dan Menangani amandel yang membandel - Apakah ada diantara Anda yang pernah merasakan sakit amaldel? Amandel adalah jenis sakit yang cukup mengganggu kerena beberapa efek yang ditimbulkan seperti tenggorokan sakit dan timbulnya kesulitan untuk menelan makanan karena rasa sakit pada bagian kerongkongan. Hal lain yang biasa dirasakan saat menderita amandel adalah sakit kepala, demam dan kedinginan, meski cuaca dalam keadaan cukup cerah.

Selain itu penderita amandel biasanya juga akan susah untuk mengeluarkan suara, itu karena Tonsilitis (sebutan dokter untuk amandel karena virus) menginfeksi saluran tenggorokan dengan beberapa jenis bakteri yang membuatnya sakit.

Lahirnya rasa sakit pada tenggorokan karena virus telah melukai Tonsil, nama lain medis-nya tonsilatau tonsila palatina adalah bagian dari sistem kelenjar getah bening yang berada pada sisi kiri dan kanan bagian belakang rongga mulut. Tonsil adalah benjolan yang berfungsi sebagai imun, karena terinfeksi bagian ini menjadi meradang sehingga membuat rasa sakit pada tenggorokan, kemudian sakit itu dapat menjalar sampai mengakibatkan nyeri pada telinga.
amandel Tonsilitis
cara dokter memeriksa pasien dengan keluhan amandel/Tonsilitis
Amandel yang di timbulkan karena terinfeksi akan menyebabkan bengkak dan tidak jarang  berwarna merah serta memiliki lapisan kuning atau putih. 

Bahaya jika seorang anak menderita tonsilitis / amandel akan mengalami rasa sakit pada tenggorokan, suhu tubuh meningkat dan terjadi demam, bengkak di leher, dan kesulitan menelan makanan terutama untuk makarang kering dan keras. Hal tersebut pasti akan terasa sakit sekali jika di alami oleh anak atau pun menyerang Anda.

Bagaimana cara mengetahui dan menangani amandel Tonsillitis? Anda dapat langsung datang dan meminta bantuan layanan kesehatan setempat seperti puskesmas atau klinik, jika perlu datanglah ke dokter specialist untuk di periksa tenggorokan dan lehernya.

Kabanyakan pakar kesehatan akan menggunakan kapas halus untuk mengumpulkan sampel dari tenggorokan. Kemudian setelah mendapatkan bukti jika bakteri streptococci yang menyebabkan infeksi. Maka anak Anda akan dirujuk melakukan perawatan dengan diberi antibiotik guna membunuh bakteri yang menyebabkan radang pada tenggorokan.

Tapi jika hasil tes strep negatif, kemungkinan penyebab sakit pada tenggorokan adalah virus tonsilitis, untuk jenis penyakit ini anda tidak perlu antibiotik, cukup beri istirahat anak Anda beberapa hari dan rasa sakit itu akan sembuh sendirinya.

Jalan ketiga untuk mengatasi amandel adalah operasi kecil. Dulu pada zaman saya masih Ssekolah Dasar, pak mantri sering melakukan hal ini untuk mengobati pasien yang mengidap amandel. Beberapa dari ahli kesehatan merekomendasikan praktek bedah kecil yang lebih dikenal dengan istilah tonsilektomi, proses mengangkat amandel yang dilakukan jika anak terinfeksi amandel cukup banyak atau sangat besar sehingga sulit bernafas di malam hari.

Cara mengurangi rasa sakit yang disebabkan amandel.
-Pastikan bahwa Anda telah cukup minum cairan dan banyak istirahat. - Jika sakit untuk menelan, makanlah makanan lunak, seperti sup, milkshake, smoothies, es pops, atau es krim.
- Jaga gelas minum yang anda gunakan agar tidak menular, usahakan peralatan makan terpisah.
- Minum obat pereda rasa sakit, seperti acetaminophen atau ibuprofen, untuk nyeri tenggorokan.
- Jika amandel menyerang anak dan merasa sakit pada kepala jangan minum aspirin atau produk lain yang mengandung aspirin, karena ini bisa menimbulkan berisiko terkena sindrom Reye (menyebabkan kebingungan, pembengkakan di otak, dan kerusakan hati).

Ada beberapa cara alami mengobati amandel, hal ini cukup membantu agar anak tidak terlalu sering mengkonsumsi obat. Anda dapat memanfaatkan bumbu dapur (bawang merah) sebagai obat mujarab mengobati tonsilitis. Kupas beberapa biji bawang merah kemudian cuci sampai bersih, haluskan bawang putih tersebut kemudian seri sedikit air lalu minumkan ramuan tersebut pada anak. jika memungkinkan memakan bawang putih secara langsung lebih baik. selain bawang merah anda juga bisa memanfaatkan jeruk nipis, madu, jahe, Buah mengkudu + madu murni dan daun benalu sebagai obat amandel.

Apakah amandel  menular? Ada beberapa jenis penyakit tidak dapat menular, akan tetapi dari sejumlah kasus pasien yang mengalami sakit akibat virus dapat menular seperti campak. Seperti Tonsilitis (amandel)  dapat menular melalui Bersin dan batuk, ini adalah jalan umum penularkan virus dan bakteri penyebab tonsilitis dari satu orang ke orang berikutnya. 

Ingat, cobalah untuk menjauhkan anak-anak dari orang yang sudah menderita tonsilitis atau sakit tenggorokan, dan pastikan semua orang di rumah Anda mencuci tangan dengan baik dan sering untuk menghindari kemungkina penularan penyakit amandel.

Sekian perjumpaan kita kali ini tentang Mengenal dan Menangani amandel yang membandel.

Artikel Terkait

Bekas tukang ngarit alias wong kampung


EmoticonEmoticon