Cara mudah mengatasi Ketombe menggunakan bahan alami

Tags

Baca Juga

Cara mudah mengatasi Ketombe dengan bahan alami - Ketombe adalah sejenis penyakit kulit ringan yang menjadi masalah klasik,hadirnya bintik putih tersebut tidak mendatangkan rasa nyeri atau sakit pada kulit kepala. Akan tetapi sangat mengganggu karena dapat mengurangi rasa percaya diri pada seseorang.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi bintik putih yang mengotori baju hitam anda, mari pahami terlebih dulu beberapa faktor penyebab tumbuh-nya ketombe pada kulit kepala. Agar kita dapat menentukan bagai mana cara paling efektif untuk membasmi ketombe.

Ada lima macam penyebab yang dapat mengacu tumbuhnya ketombe :

1. Penderita dermatitis seboroik 
orang yang mengidap penyakit ini lebih sering mengalami kelebihan minyak pada kulit kepala. dengan adanya kandungan minyak berlebih pada kulit kepala cenderung akan memicu tumbuh-nya ketombe. Untuk mengenali penderita Dermatitis seboroik sangat mudah karena biasanya mereka akan mempunyai kelebihan minyak pada banyak area kulit, termasuk bagian belakang telinga, tulang dada, alis, dan sisi hidung (penyebab Komedo).

Ciri-ciri paling menojol penderita Dermatitis Seboroik kulitnya akan berwarna merah, berminyak, dan ditutupi dengan sisik putih atau kuning bersisik (Busik) .

Dermatitis seboroik mengandung Malassezia, jamur yang biasanya hidup di kulit kepala dan memakan minyak yang diistirahatkan oleh folikel rambut. Biasanya tidak menimbulkan masalah, namun pada sebagian orang menjadi terlalu aktif dan menyebabkan kulit kepala menjadi gatal serta menghasilkan sel kulit ekstra.
Karena sel kulit ekstra ini mati dan rontok bercampur dengan minyak di rambut dan kulit kepala, tumbuhlah ketombe.

2. Jarang menyisir rambut
Meski sepele menyisir atau menyikat rambut secara teratur akan mengurangi dampak pada risiko ketombe, karena membantu membuang kulit yang sudah tidak normal / kering.

Hati-hati loh buat kalian yang jarang sisiran, bukan hanya masalah style tapi demi kesehatan rambut dan bebas dari ketombe.

3. Ragi
Orang yang sensitif terhadap ragi memiliki resiko berketombe sedikit lebih tinggi, jadi ragi mungkin berperan. Ketombe sering lebih buruk dan bertahan selama berbulan-bulan pada musim hujan dan lebih baik bila cuaca lebih hangat.

Yang suka makan tape, owh kalau di bandung namanya peyem. Bahan membuat-nya pake ragi, jadi secukup-nya saja kalo makan ya jangan telalu lahap.

4. Kulit kering
Orang dengan kulit kering lebih cenderung memiliki ketombe. Udara musim penghujan yang dingin dikombinasikan dengan kamar yang terlalu panas merupakan penyebab umum gatal kemudian meyebabkan kulit mengelupas. Ketombe yang berasal dari kulit kering cenderung memiliki serpihan non-berminyak yang lebih kecil, jika anda pengalami ini ketombe akan turun pada pundak saat anda minyingkap rambut.

5. Produk Shampo Kemasan
Produk perawatan rambut tertentu bisa memicu kulit kepala berwarna merah, gatal dan menskal. Sering keramas bisa menyebabkan ketombe, karena bisa mengiritasi kulit kepala.

Hati-hati ya menggunakan produk berbahan kimia. Alangkah lebih baik anda pelajari komposisi dan manfaat serta efek dari bahan yang digunakan pada shampo.
Mengatasi ketombe yang membandel
Kelima hal tersebut bisa memicu tumbuh-ketombe pada kulit kepala.  Jadi setelah anda mengerti jauhi kelima perkara di atas. Alam begitu baik kepada kita dengan menyediakan beberapa pilihan produk alami untuk mengatasi tumbuh-nya ketombe. Sebagian berasal dari buah, sebagian lagi tersedia pada bumbu dapur yang biasa anda gunakan untuk memasak serta bahan alami lainya.

Minyak Kelapa
Produk dari kelapa ini bahan tepat untuk mengatasi ketombe, selain itu juga dapat dijadikan bahan perawatan rambut. Terlebih minyak kelapa mempunyai aroma yang cukup enak.

Cara memakai Minyak kelapa sebagai obat ketombe yang benar adalah olehkan 3 sampai 5 sendok pada rambut sesaat sebelum mandi, kemudian lakukan pijatan lembut agar meresap kulit kepala anda, diamkan sekitar satu jam. Setelah itu bilas dengan shampoo yang juga mengandung minyak kelapa.

Jeruk Lemon
Selain bermanfaat sebagai penetral kolesterol dan pelengkap bumbu makanan, Jeruk Lemon juga bisa dipakai sebagai obat alternatif penghilang ketombe.

Cara penggunaanya pun tidak sulit, Ambil dua sendok makan perasan jeruk lemon kemudian oleskan ke rambut pijat agar meresap sampai ke kulit kepala, setelah itu bilas dengan air putih yang di campur dengan 1 sendok perasan jeruk lemon. Ulangi ini setiap hari sampai ketombe Anda hilang. Keasaman lemon membantu dapat menyeimbangkan PH kulit kepala anda, dan membantu menjaga kepala dari gangguan ketombe.

Aloevera / Lidah Buaya
Kupas satu batang daun lidah buaya kemudian gosok kerambut di ikuti dengan pijatan lembut agar meresap kepala anda, lakukan ini sebelum keramas. Efek dingin aloe vera akan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan ketombe. selain Obat rambut Anda juga dapat di manfaatkan Lidah Buaya sebagai obat mata.

Bawang Putih
Selain sebagai bumbu dapur yang membuat harus masakan, bawang putih juga memiliki sifat antimikroba yang sangat cocok untuk menghilangkan bakteri penyebab ketombe.

Cara perawatan-nya juga mudah, hancurkan bawang putih dan gosok ke kulit kepala anda. Untuk menghindari bau yang menyengat anda dapat mencampur-nya dengan madu, lalu pijat setelah di oles ke kulit kepala kemudian bilas.

Artikel Terkait

Bekas tukang ngarit alias wong kampung


EmoticonEmoticon