Mengupas Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan

Baca Juga

Bengkoang atau dalam nama latin Pachyrhizus erosus dikenal sebagai umbi cormus, umbi putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam jenis tumbuhan Fabaceae. Di daerah asal-nya, tumbuhan ini mempunyai panggilan xicama atau jícama . Sedangkan bagi orang jawa biasa menyebutnya besusu (Wikipedia).
Kandungan yang ada pada Bengkoang tidak hanya dapat di manfaatkan untuk merawat kecantikan, tapi juga sebagai nutrisi untuk merawat kesehatan.
Bubuk bengkoang untuk merawat kecantikan

Manfaat dari Bengkoang Untuk Kesehatan

- Bengkoang mengandung vitamin C, bisa dijadikan antioksidan yang baik untuk tubuh. Serta obat sariawan karena vitamin C. Selain itu, kandungan air yang relatif melimpah juga tersembunyi dan melekat pada vitamin C. Vitamin C di Bengkoang juga bisa digunakan untuk menurunkan penumpukan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol jahat harus segera dibuang, jika anda tetap mengendap dalam tubuh, bisa menyebabkan berbagai penyakit.

- Bengkoang mengandung senyawa alkali yang bisa menyembuhkan tukak. Sangat baik bagi penderita bisul, jika tidak segera diatasi, sang mag akan menjadi kronis. Senyawa alkali disini berfungsi untuk menstabilkan kadar asam lambung sehingga asam lambung menjadi normal.

- Kandungan insulin di dalam Bengkoang bisa memberikan rasa manis, yang tidak berbahaya bagi rasa manis penderita diabetes. Saat mengonsumsi kadar gula darahnya tidak akan naik dan tetap stabil. Karena kemanisan insulin tidak bisa dicerna oleh tubuh kita, maka bengkoang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

- Bengkoang juga mengandung zat kalsium fosfornan yang tinggi. Berfungsi mempertahankan pertumbuhan gigi dan tulang. Sehingga bisa mengimbangi konsumsi kalsium dari Bengkoang yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi untuk tumbuh dan kuat. Dengan Bengkuang anda bisa memakan umbi segar dan menjaga tulang tidak mudah keropos, dan menguatkan gigi.

- Bengkoang juga bisa dikonsumsi kapan saja, saat masih dalam musim. Karena Bengkoang tidak selalu tumbuh di musim yang berbeda.

Jenis perawatan kulit menggunakan bengkoang dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman, selain sebagai bahan konsumsinya secara langsung atau dengan menggunakanya sebagai masker. Tentunya kedua pilihan tersebut memberi bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan.

Yang paling umum Bengkoang digunakan oleh wanita untuk menjaga dan merawat kulit agar terlihat putih serta mempercantik paras-nya. Meski begitu bengkoang juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan kulit pria, karena sifat baik dari nutrisi bengkoang sangat bermanfaat untuk berbagai jenis kulit, termasuk memutihkan kulit wajah, memutihkan kulit tangan ataupun memutihkan semua kulit tubuh.

Setelah anda tahu beberapa manfaat bengkoang untuk kesehatan, sekarang akan kita bahas beberapa keajaiban bengkoang untuk kecantikan kulit wanita. 

- Kandungan sari pati Bengkoang bisa jadi masker yang digunakan untuk mencerahkan wajah 
- Menghilangkan bintik-bintik kusam bekas jerawat atau gelap di wajah.
- Menyegarkan kulit wajah
-memutihkan kulit
- Mencegah penuaan dini
- Kencangkan kulit wajah
- Memberikan efek dingin / dingin pada wajah

Cara Membuat Masker Bengkoang

Untuk membuat masker bengkoang Alami anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah. Berikut bagaimana cara membuat masker wajah bengkoang:
1. Siapkan Bengkoang kemudian kupas dan cuci bersih.
2. Potong Bengkoang menjadi dua bagian
3. Setelah dibelah maka parut Bengkuang tersebut.
4. Peras Bengkuang yang telah diparut dan simpan ke dalam semangkuk air jernih.
5. Diamkan dalam mangkuk sampai ada endapan putih.
6. Setelah endapat mengumpul maka buang air tersebut kemudian pisahkan endapan bangkuang.

Cara menggunakan Masker Bengkoang:
- Pertama cuci muka dengan air dulu sampai bersih sekali.
- Kemudian oleskan sendimen bengkoang ke seluruh wajah anda dengan sikat masker.
- Setelah itu, biarkan 10-15 menit atau sampai kering sendiri.
- Langkah terakhir yaitu bilas wajah anda dengan air hangat diikuti air dingin untuk menutup pori-pori.

Demikian manfaat bengkoang dan cara menggunakan krim alami bengkoang sebagai masker pemutih wajah yang alami. Selain umbi ini adan juga dapat memanfaatkan Yogurt dan Jeruk sebagai masker pemutih kulit.

Artikel Terkait

Bekas tukang ngarit alias wong kampung


EmoticonEmoticon