Mengatasi gangguan Sakit Perut kiri dan kanan

Tags

Baca Juga

Mengatasi gangguan Sakit Perut kiri dan kanan - Hampir setiap orang pada satu waktu akan merasakan sakit dibagian perut, terutama bagi mereka yang tidak memperhatikan kesehatan-nya. Sebagian besar penyebab sakit perut tidak mengkhawatirkan kemudian dokter dapat mendiagnosis dan mengobati masalah tersebut. Tapi kadang, sakit perut bisa menjadi pertanda timbulnya penyakit serius. oleh karena itu Anda perlu mempelajari gejala yang harus diwaspadai hingga dapat memutuskan kapan Anda harus mendapat bantuan medis.

Umumnya penyebab skit perut tiba-tiba seperti nyeri, atau kram, sakit perut bisa ditimbulkan banyak faktor. Misalnya, Anda mungkin mengalami gangguan pencernaan karena memakan makanan terlalu pedas, memakan buah yang belum masak hal terebut dapat menyebabkan sembelit, konstipasi , diare , atau jika Anda seorang wanita yang sudah baligh biasa merasakan kram saat datang-nya menstruasi .

Penyebab lain yang mungkin saja terjadi seperti Iritable bowel syndrome (IBS), Penyakit Crohn, Keracunan makanan, Alergi makanan atau mungkin juga merasakan sakit perut jika Anda tidak toleran terhadap laktosa atau menderita penyakit maag, Burut, Batu empedu, Batu ginjal, Endometriosis, Penyakit gastroesophageal reflux ( GERD ), Radang usus buntu.

Berbagai obat telah tersedia di Apotek dan toko, tetapi jika sakit yang anda rasakan tidak terlalu berbahaya akan lebih baik kalau di obati dengan bahan alami yang bebas dari efek samping. hal ini jelas lebih sehat dan menyehatkan, bukan hanya untuk perut tetapi untuk seluruh tubuh anda.
sakit perut
Ilustrasi seorang wanita sedang sakit perut

Berikut beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengobati rasa nyeri di perut anda :

1. Mengobati sakit perut menggunakan Wortel
Mungkin tidak asing ditelinga Anda sayur yang gemar dimakan kelinci, Selain sangat baik untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin A dalam sayur Wortel, Carrot juga menjadi salah satu pilihan untuk mengobati sakit perut yang sangat manjur terutaman saat sedang musim penghujan (dingin).

Cara meracik obat sakit perut berbahan baku Wortel sangat mudah cukup rebus empat iris wortel yang telah dibersihkan dengan empat cangkir air dan satu sendok teh peppermint kering atau anda dapat menggantinya dengan teh celup kemasan rasa peppermint. Masak dengan api sedang kurang lebih sekitar 15 menit atau sampai wortel mulai melunak. teh-nya jangan lupa di buang ya, agar terasa lebih hangat anda juga dapat menambahkan sejumput jahe atau perasan jus lemon.

2. Mengobati sakit Diare dengan Teh Nasi
Untuk mengatasi sakit perut atau menghentikan diare anda dapat meracik sebuah teh yang berbahan dasar beras. Rebuslah 1/2 cangkir beras dalam enam gelas air selama sekitar 15 menit. Kemudian saring nasi pisahkan dengan air, Anda bisa menambahkan sedikit madu atau gula untuk memberi rasa manis dan minum lah Teh nasi selagi masih hangat.

3. Mengatasi sakit perut Menggunakan Roti Bakar
Meski sedikit canggung tapi anda harus percaya bahwa roti bakar adalah salah satu obat sakit perut terbaik, mengapa? karena roti bakar mengandung karbohidrat yang dapat menyerap racun jahat yang membuat perut Anda merasa sakit. 

Meski hanya soal sakit perut anda perlu membedakan mana yang biasa dan mana yang berbahaya, berikut tanda sakit perut dan cara mengatasinya:

Sakit perut sebelah kiri biasanya ditimbulkan oleh usus selain itu juga bisa disebabkan divertikulitis. Penyakit ini dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri bawah dan nyeri punggung, misalnya kanker usus dan pankreas. Gejala umum yang dirasakana biasanya berupa nyeri pada bagian perut, demam, mual, perubahan scedule buang air besar.

Penyebab sakit perut sebelah kiri akan menjalar ke bagian atas ketika sel-sel kanker dan mulai memengaruhi organ lainnya. Saat perut sebelah kiri anda merasa sakit, lebih baik berbaring kemudian beristirahat sampai rasa sakit berkurang. Kemudian sambil berbaring, Anda juga bisa mengompres perut yang sakit dengan handuk yang telah direndam air hangat.
Perbanyak mengonsumsi air putih dan minum secara perlahan-lahan.

Meski tidak diobati jenis sakit perut ini dapat sembuh dengan sendirinya tapi, dalam waktu yang tidak pasti bisa harian atau malah dalam hitungan minggu. dengan catatan anda tidak sembarangan makan dan minum karena ada beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan saat perut sebelah kiri merasa sakit :

  • Tidak boleh minum minuman berkafein atau berkarbonasi, seperti teh, kopi, atau minuman soda.
  • Hindari juga minuman beralkohol. Hindari mengonsumsi obat antiinflamasi non-steroid, seperti aspirin dan ibuprofen.
  • Jangan amkan makanan pedas dan berlemak tinggi guna menghindari rasa sakit yang makin parah seperti rujak, sayur opor, sayur balado.

Sakit Perut sebelah kanan biasanya disebabkan oleh Apendisitis atau biasa di sebut radang usus buntu, ini merupakan penyebab paling umum dari nyeri perut sebelah kanan bawah atau dekat pusar kemudian menjalar ke sisi kanan, Gejala lain yang menunjukkan penyakit apendisitis adalah rendahnya nafsu makan, menggigil, muntah, dan demam.

Untuk mengatasi rasa sakit pada bagian perut yang disebabkan oleh radang usus buntu ini biasanya diobati dengan melakukan bedah atau operasi usus buntu, Bedah minimal invasif atau sebuah operasi yang menggunakan kamera video dan tabung tipis yang dimasukkan ke ke dalam sayatan kecil pada tubuh untuk memperbaiki atau mengangkat jaringan.

Selain sakit perut yang ditimbulkan penyakit diatas ada juga jenis sakit perut yang di alami para perempuan, sakit perut saat haid merupakan gejala normal dari serangkaian Premanstrual Syndrome atau yang biasa di kenal luas PMS yang tidak perlu dikhawatirkan. Penyebab PMS diduga karena adanya faktor hormonal yaitu ketidak sempurnaan proses ovulasi yang diakibatkan oleh tidak seimbang-nya hormon. seperti disebabkan oleh ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron atau dapat juga disebabkan karena estrogen dominan yang berlebihan berasal dari luar tubuh. untuk mengatasi hal ini Anda perlu melakukan beberapa perawatan sebelum terjadi tetap jaga makan-makanan sehat saja, tapi jika sudah terlanjur Anda dapat mengkompres perut, berbaring, lakukan pijat perut, olahraga ringan, jauhi makanan berlemak dan minum jamu.

Artikel Terkait

Bekas tukang ngarit alias wong kampung

4 komentar

Wah ini tips yang bagus mas, membantu orang sakit perut

ia begitulah bang, cocok banget buat orang yang takut sama jarum suntik atau pil dokter

saya juga sering tuh mas sakit perut semoga abis membaca artikel ini bisa tau untuk resep - resepnya

Semoga saja, tidak ada lagi sakit perut di antara kita


EmoticonEmoticon